Mayasari, Putri, Halim, A and Ilyas, Suhrawardi (2013) Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. JPSI: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 1 (1): 11. pp. 57-67. ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
123345-ID-model-pembelajaran-creative-problem-solv.pdf
Download (333kB)
Abstract
Penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Problem Solving Kreatif (PSK) dalam pembelajaran konsep tekanan. Tujuan penelitian adalah untuk melihat efektivitas penggunaan model penyelesaian masalah kreatif dan juga untuk meningkat pemahaman konsep dan ketrampilan generic sains pada konsep tekanan siswa Sekolah Menengah Atas. Pelaksamaam penelitian menggunakan metode penelitian “the matching-only pretest-posttest control group”.
Penelitian dilakukan pada kelas VIII siswa Sekolah Menengah Pertama tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-gain rata-rata pemahaman konsep 67.96% untuk kelompok eksperimen dengan katagori sedang dan 37.99% untuk kelompok control dengan kategori sedang.
Persentase N-gain tertingi untuk kelompok eksperimen kelompok generic sains adalah 43.44% dengan kategori sedang. Sementara N-gain tertinggi untuk kelompok kontrol terjadi pada indikator kerangka berpikir logic adalah 41.67% dengan kategori sedang dan N-gain terrendah terjadi pada indikator sebab-akibat yaitu 8.33% dengan kategori.
Statistic
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Perpustakaan > Jurnal/Artikel Penelitian |
Depositing User: | Admin Repo |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 02:09 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 02:09 |
URI: | https://repository.iainlhokseumawe.ac.id/id/eprint/339 |