Murniati, Murniati (2023) EFEKTIVITAS GURU PAI DALAM MENERAPKAN PRAKTIK BERWUDHU PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB PEMBINA BENER MERIAH. Tesis thesis, Pascasarjana IAIN Lhokseumawe.
TESIS MURNIATI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan usaha sadar dan terencana dalam kegiatan belajar mengajar untuk menyiapkan siswa dalam mengembangkan potensi melalui kegiatan membimbing, latihan dan mengarahkan serta mengamalkan sebagai upaya untuk mencapai kesatuan Kurikulum Nasional Pendidikan khususnya pada anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana perencanaan guru PAI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Praktik Berwudhu anak berkebutuhan khusus pada SLB Negeri Pembina Bener Meriah; (2) Metode mengajar guru PAI dalam Pembelajaran Praktik Berwudhu anak berkebutuhan khusus pada SLB Negeri Pembina Bener Meriah; dan (3) apa saja kendala yang dihadapi guru PAI dalam melakukan proses pembelajaran Praktik Berwudhu anak berkebutuhan khusus pada SLB Negeri Pembina Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sebagai sumber data terdiri dari Kepala sekolah, wakil kurikulum dan Gu Pendidikan Agama Islam di SLB Negeri Pembina Bener Meriah tahun ajaran 2022 / 2023.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) perencanaan yang dilakukan guru PAI dalam Pembelajaran Praktik Berwudhu pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri
Pembina Bener Meriah yaitu merujuk pada kurikulum dan visi misi pendidikan nasional dengan menyusun RPP dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan anak berkebutuhan khusus; (2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran praktik berwudhu pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pembina Bener Meriah yaitu pada anak down syndrome menggunakan metode one task behavior, anak tunagrahita dan tuna daksa menggunakan metode ceramah dan demonstrasi; (3) Kendala yang dihadapi guru PAI dalam pembelajaran praktik berwudhu pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pembina Bener Meriah yaitu pada anak tunadaksa gangguan, pada otot sendi dan
tulang sehingga mengalami hambatan dalam bergerak. Kemudian pada anak tunagrahita memiliki pemahaman IQ, selanjutnya sumber belajar yang tidak mumpuni. Karakteristik ketunaan yang berbeda-beda dan latar belakang guru yang tidak sesuai dengan profesinya.
Statistic
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion/Agama > 2x0 Agama Islam > 2x4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam > 2x4.1 Ibadah > 2x4.11 Bersuci |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repo |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 04:13 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 04:13 |
URI: | https://repository.iainlhokseumawe.ac.id/id/eprint/341 |