IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM TRADISI INTAT LINTO PADA MASYARAKAT GAMPONG BLANG AWE KECAMATAN MEUREUDU PIDIE JAYA

HM, MUHAMMAD RIZAL (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM TRADISI INTAT LINTO PADA MASYARAKAT GAMPONG BLANG AWE KECAMATAN MEUREUDU PIDIE JAYA. Tesis thesis, IAIN Lhokseumawe.

[thumbnail of MUHAMMAD RIZAL HM_2021520027.pdf] Text
MUHAMMAD RIZAL HM_2021520027.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam tradisi intat linto pada masyarakat merupakan penerapan masyarakat terhadap nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam makna dan esensi ritual-ritual adat pada tradisi intat linto di dalam aktivitas sehari-hari. Rumusan masalah: (1) Apa saja ritual-ritual adat yang terdapat dalam tradisi intat linto di Gampong Blang Awe. (2) Apa saja nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam ritual-
ritual adat pada tradisi intat linto di Gampong Blang Awe. (3) Bagaimana masyarakat Gampong Blang Awe mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam tradisi intat linto di dalam kehidupannya. Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan ritual-ritual adat yang terdapat dalam tradisi intat linto di Gampong Blang Awe. (2) Untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam ritual-ritual adat pada tradisi intat linto di Gampong Blang Awe. (3) Untuk menganalisis proses implementasi masyarakat Gampong Blang Awe terhadap nilai-nilai pendidikan agama Islam
yang terkandung dalam tradisi intat linto di dalam kehidupannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi dan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis data Spradley, meliputi analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema kultural. Hasil penelitian: (1) Ada tiga belas macam ritual adat pada tradisi intat linto di Gampong Blang Awe yang terbagi dalam tiga tahapan, yaitu sebelum intat linto, pada saat intat linto, dan setelah intat linto. (2) Ada empat nilai pendidikan agama
Islam yang terkandung dalam ritual-ritual adat tradisi intat linto, yaitu nilai aqidah, nilai ibadah, nilai akhlak, dan nilai sosial. (3) Masyarakat mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui aktivitas sehari-hari, seperti menjaga adab pada saat ibadah, sopan santun saat berinteraksi dengan sesama, saling membantu.



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

[error in script] [error in script]
Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: implementasi, nilai pendidikan agama Islam, tradisi intat linto
Subjects: 200 Religion/Agama > 2x0 Agama Islam > 2x7 FILSAFAT ISLAM DAN PERKEMBANGAN > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repo
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:37
Last Modified: 06 Dec 2023 08:39
URI: https://repository.iainlhokseumawe.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item
View Item