INDRIATI, INDRIATI (2023) MANAJEMEN TIM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH (TPMPM) DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTsN 2 BENER MERIAH. Tesis thesis, IAIN Lhokseumawe.
BAB I_INDRIATI_2021530043.pdf - Submitted Version
Download (768kB)
INDRIATI_2021530043.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (816kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan Tim Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah (TPMPM) dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bener Meriah, untuk menganalisa pelaksanaan Tim Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah (TPMPM) dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bener Meriah dan untuk menemukan konsep evaluasi Tim Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah (TPMPM) dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan penelitian kulitatif dengan pendekatan fenomenologis dan metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan kajian teoritis dan analisis data berdasarkan penelitian dan penemuan di lapangan mengenai manajemen peningkatan mutu pendidikan madrasah (TPMPM) dalam meningkatkan mutu pendidikan MTsN 2 Bener dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Perencanaan TPMPM dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 2 Bener Meriah cukup baik, madrasah memusyawarahkan dan menyusun secara sistematis seluruh program kegiatan baik akademik maupun nonakademik, sehingga program kegiatan MTsN 2 bener Meriah yang ada sesuai dengan kebutuhan dan minat siswanya serta seluruh program kegiatan madrasah terlaksana dengan baik dan terarah. Dalam perencanaan melibatkan kepala madrasah dan pemangku kebijakan yang bersangkutan lainnya. 2. Pelaksanaan TPMPM dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 2 Bener Meriah dilakukan sesuai dengan prosedur dan perencanaan yang sebelumnya telah dibuat oleh TPMPM, langkah-langkah perencanaan sebelumnya yang telah disusun mampu mengontrol pelaksanaan yang TPMPM lakukan, dalam meningkatkan mutu TPMPM membutuhkan kerjasama dengan seluruh aspek yang ada di madrasah sehingga pelaksanaanya terlaksanakan secara optimal dan menciptakan mutu pendidikan yang berkualitas. 3.Pengawasan TPMPM dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 2 Bener Meriah dilakukan untuk melihat tingkat keberhasilan dan kegagalan dan menjadi bahan masukan bagi madrasah untuk merumuskan sasaran (tujuan) dan peningkatan mutu pendidikan untuk tahun yang
akan datang. Kepengawasan madrasah dilakukan oleh Kepala Madrasah dibantu oleh PKM beserta para guru dan staf, pengawasan juga dilakukan oleh pihak luar yaitu dinas pendidikan, pengawas/ supervisor dan lainnya.
Statistic
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen TPMPM, Mutu Pendidikan, Pendidikan Madrasah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Repo |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 09:03 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 09:03 |
URI: | https://repository.iainlhokseumawe.ac.id/id/eprint/376 |